Apakah Virus, Worm dan Trojan?

Sebelum komputer kita diserang oleh tiga penggangu (Virus, Worm dan Trojan) pada program penting kita ada baiknya kita mengenal mereka terlebih dahulu, agar nantinya kita dapat mencari solusi ataupun antivirus yang tepat untuk menghapusnya. Sejak setiap komputer terhubung dengan internet, program - program perusak menyebar dengan cepat. Selain itu, muncul tipe - tipe baru yang belum pernah ada sebelumnya. Batas -batasnya juga sering jelas. Ada program perusak yang sekaligus merupakan virus, worm dan trojan.
Definisi klasiknya sebagai berikut :
  1. Virus -Virus komputer menyebar di dalam komputer dan menjadi aktif ketika sebuah program dijalankan atau komputer di boot. Virus hanya dapat pindah dari satu komputer kelainnya melalui media seperti disket, usb flasdisk, usb hardisk ekstrenal, cd, atau attachment e-mail. Kebanyakan virus mendeaktivasi fungsi - fungsi penting atau menghapus data.
  2. Worm - Berbeda dengan virus, worm menyebar secara mandiri melalui jaringan/LAN ataupun internet. Untuk itu, ia menggunakan alamat - alamat dalam adress book program e-mail, atau memanfaatkan cela keamanan windows. Ia berisi program perusak yang berprilaku seperti virus.
  3. Trojan - Program ini menyamar sebagai aplikasi berguna, tapi tanpa diketahui menimbulkan kerugian. Sasarannya adalah data - data sensitif seperti nomor kartu kredit atau kode akses untuk online banking. Data - data tersebut dikirimkan ke programmer trojan.
  4. Backdoor - Bagian dari tojan yang membuka pintu belakang pada PC sebagai akses untuk hacker bahkan berhasil mendapatkan kendali penuh atas PC dengan menggunakan backdoor ini.
  5. Phising - Melalui e-mail atau website palsu yang tampak asli, pengguna diminta memberikan data sensirif seperti kode akses rekening bank. Hati - hatilah, karena bank dan lembaga lainnya tidak pernah meminta data penting semacam itu melalui e-mail. Saat menggunakan online banking, pastikan alamatnya sama persis dengan yang biasa anda gunakan.
Sumber Referensi : Majalah Chip


Tag :

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.